Pages

Subscribe:

Jumat, 30 September 2011

Individu, Keluarga, dan Masyarakat

INDIVIDU

Individu berasal dari kata individum (Latin), Yaitu satuan kecil yang tidak dapat di bagi lagi. Individu menurut konsep sosiologis berarti manusia yang hidup berdiri sendiri. Individu sebagai mahluk ciptaan tuhan di dalam dirinya selalu di lengkapioleh kelengkapanhidup yang meliputi raga, rasa, rasio, dan rukun.
1. Raga, merupakan bentuk jasad manusia yang khas yang dapat membedakan anatara individu yang satu dengan yang lain, sekalipun dengan hakikat yang sama.
2. Rasa, merupakan perasaan manusia yang dapat menangkap objek gerakan dari benda-benda isi alam semesta atau perasaan yang menyangkut dengan keimdahan.
3. Rasio atau akal pikiran, merupakan kelengkapan manusia untuk mengembangkan diri, mengatasi segala sesuatu yang di perlukan dalam diri tiap manusia dan merupakan alat untuk mencerna apa yang di terima oleh panca indra.
4. Rukun atau pergaulan hidup, merupakan bentuk sosialisasi dengan manusia dan hidup berdampingan satu sama lain secara harmonis, damai dan saling menghormati. Rukun inilah yang membantu manusia untuk membentuk suatu kelompok sosial yang biasa disebut masyarakat.

KELUARGA

Keluarga adalah satuan masyarakat yang terkecil yang sekaligun merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat. Keluarga biasanya terdiri dari suami, istri, dan juga anak-anakyang selalu menjaga rasa aman dan ketentraman ketika menghadapi segala suka dan duka hidup dalam eratnya arti ikatan luhur hidup bersama.

Macam-macam fungsi keluarga
1. Fungsi Biologis : Diharapkan agar keluarga dapat menyelenggarakan persiapan perkawinan bagi anak-anaknya, karena dengan perkawinan akan terjadi proses kelangsungan keturunan.
2. Fungsi Pemelirahan : Keluarga diwajibkan untuk berusaha agar setiap anggotanya dapat terlindung dari gangguan-gangguan, yang pada intinya harus dapat menciptakan rasa aman , tentram dan nyaman.
3. Fungsi Ekonomi : Orang tua diwajibkan untuk bersaha keras supaya setiap anggota keluarga dapat cukup makan dan minum, cukup pakain dan tempat tinggal.
4. Fungsi Keagamaan : Diwajibkan untuk menjalani dan mendalami serta mengamalkan ajaran-ajaran agama dengan pelakunya sebagai manusia yang taat kepada Tuhan YME.
5. Fungi Sosial : Keluarga berusaha untuk mempersiapkan anak-anaknya bekal-bekal selengkapnya dengan memperkenalkan nilai-nilai dan sikap yang dianut oleh masyarakat serta mempelajari peranan-peranan yang di harapkan akan mereka jalankan keak bila sudah dewasa.

MASYARAKAT

Masyarakat adalah suatu kelompok manusia yang telah memiliki tatanan kehidupan, norma-norma, adat istiadat yang sama-sama ditaati dalam lingkuangannya. Dalam pertumbuhan dan perkembangan suatu masyarakat. Masyarakat dapat di bedakan menjadi 2 golongan yaitu:
1. Masyarakat Sederhana : Pola pembagan kerja cendrung di bedakan menurut jeis kelaminnya. Tidak terungkap secara jelas, sejalan dengan pola kehidupan dan pola perekonomian masyarakat primitif.
2. Masyarakat Maju : Masyarakat maju memiliki aneka ragam kelompok sosial atau lebih akrab dengan sebutan kelompok orang kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang berdasarkan kebutuhan serta tujuan tertentu yang akan di capai. Masyarakat maju di bedakan menjadi 2 :
* Masyarakat Non industri dapat di bedakan menjadi 2 yaitu:
- Masyarakat Primer: Interaksi anggota terjalin lebih intensif, lebih erat dan lebih akrab.
- Masyarakat Sekunder: Masyarakat yang saling terpaut hubungan tak langsung, formal, juga kurang bersifat kekeluargaan.
*Masyarakat Industri adalah masyarakat yang sudah semakin kompleks dalam pembagian kerja dan mengenak alat-alat yang di butuh kan untuk mempermudah pekerjaannya.

0 comments:

Posting Komentar