Pages

Subscribe:

Rabu, 28 September 2011

Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan

PENDUDUK

Penduduk adalah orang-orang yang berada di dalam satu wilayah yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan saling berinteraksi satu sama lain secara terus menerus. Dalam sosiologi, penduduk adalah kumpulan manusia yang menempati wilayah geografi dan ruang tertentu. Atau penduduk bisa juga di artikan sebagai sekelompok orang yang mempati suatu wilayah dalam waktu relatif singkat. Tapi kadang dalam komunitas yang disebut penduduk juga terdapat warga.


Tujuan Diadakan Transmigrasi
1. Untuk meratakan persebaran penduduk di seluruh wilayah nusantara
2. Untuk pertahanan dan keamanan / hankam lokal nasional
3. Untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan memberikan kesempatan merubah nasib
Macam-macam Migrasi :
*. Migrasi Nasional   
    - Urbanisasi
      Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota
  - Transmigrasi
      Transmigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu wilayah yang padat penduduknya ke area wilayah
      pulau lain yang penduduknya masih sedikit atau belum ada penduduknya sama sekali
 * Migrasi Internasional
    - Emigrasi
      Emigrasi adalah keluarnya penduduk dari suatu negara ke negara lain
    - Imigrasi
      Imigrasi adalah masuk nya penduduk dari suatu negara ke negara lain
    - Remigrasi
      Remigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu negara ke negara asalnya
Permasalah baru yang timbul akibat migrasi :
     - Meningkat nya tindak kriminalitas
     - Meningkatnya pengangguran di kota yang di datangi imigran
     - Berkurangnya tenaga ahli di suatu wilayah yang di tinggalkan
     - Timbulnya lingkungan yang kumuh di suatu wilayah yang di datangi oleh para imigran




MASYARAKAT

Masyarakat adalah sejumlah manusia yang merupakan satu kesatuan golongan yang berhubungan tetap dan mempunyai kepentingan yang sama seperti sekolah, keluarga, perkumpulan. Pada sebuah masyarakat banyak sekali aspek-aspek di dalamnya misalnya aspek dari kebudayaan, ekonomi, dan sosial. Masing-masing dari aspek tersebut di punyai oleh setiap manusia yang bermasyarakattermasuk juga unsur agama di dalam sebuah masyarakat.


Unsur-unsur suatu masyarakat

1. Harus ada perkumpulan manusiadan harus banyak
2. Telah bertempat tinggal dalam waktu lama disuatu daerah tertentu
3. Adanya aturan atau undang-undang yang mengatur masyarakat untuk menuju kepada kepentingan dan tujuannya bersama

KEBUDAYAAN

Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai mahluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, oraganisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya di tujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
Kebudayaan terdiri dari 2 yaitu :
* Kebudayaan timur
Kebudayaan timur berasal dari negara-negara bagian timur, budaya yang berasal dari timur adalah budaya yang menjujung tinggi tetang keramah tamahan. Budaya dari timur juga sangat khas dan juga masih menganut tentang kepercayaan dari nenek moyang masing-masing.
*Kebudayaan barat
Kebudayaan barat berasal dari negara-negara bagian barat, budaya yang berasal dari barat ini adalah budaya yang telah termodernisasi jadi budaya dari barat sudah mulai memperkembang budayanya dengan teknologi-teknologi yang modern.
 Banyak sekarang di daerah-daerah timur yang mulai mengalami modernisasi budaya dari barat salah satu nya di indonesia, banyak sekarang masuk budaya barat ke indonesia, contohnya dari segi gaya hidup,sudah jarang anak muda jaman sekarang yang mau mengenali budayanya sendiri misalkan dari cara berpakaian, dahulu budaya timur itu identik dengan budaya yang mengenakan pakain yang menutup bagian-bagian dari tubuh manusia yang tidak boeh di publikasikan, namun jaman sekarang banyak remaja atau orang sekarang mulai mengenakan pakain baju yang terbuka dan memperlihatkan bagian-bagian tubuh pribadinya.

0 comments:

Posting Komentar